umum

8 Langkah untuk Menggapai Potensi Kesehatan Anda

Pernahkah Anda mengalami perubahan — kelahiran seorang anak, atau memulai pekerjaan atau hubungan baru — dan memperhatikan bagaimana hal ini memengaruhi kesehatan Anda? Segala sesuatu yang kita lakukan, rasakan, dan pikirkan berhubungan dengan kesejahteraan kita. Wellness adalah cara hidup, suatu integrasi n dari tubuh, pikiran, dan jiwa.   

Pikirkan kesehatan Anda sebagai perjalanan dinamis seumur hidup. Peta perjalanan perjalanan Anda unik bagi Anda. Itu adalah pilihan sadar; itu tidak terjadi secara tidak sengaja. Menumbuhkan, mengembangkan, dan memelihara kebiasaan kesehatan yang berhasil untuk Anda adalah kuncinya. 

Memupuk dan menumbuhkan kesehatan Anda secara keseluruhan membangun ketahanan, mengurangi risiko penyakit, dan memastikan interaksi yang positif. Kesejahteraan Anda tidak hanya memengaruhi hidup Anda, tetapi juga memengaruhi orang lain yang dekat dengan Anda.

Kesehatan bersifat multi-dimensi. 8 dimensi kebugaran saling bergantung, berinteraksi dan tumpang tindih, dan berkontribusi pada kesehatan secara keseluruhan. Empat pilar kesehatan, atau aktivitas fisik, nutrisi, tidur, dan perhatian dapat berdampak positif atau negatif pada setiap dimensi kesehatan. Misalnya, saat Anda cukup istirahat, Anda lebih produktif di tempat kerja dan lebih siap untuk menangani tekanan kerja.

Setiap dimensi adalah akun yang berbeda di bank kebugaran Anda. Memikirkan hal ini secara individual membantu kita melihat di mana kita menginvestasikan paling banyak energi dan menemukan orang lain di mana kita mungkin ingin menyimpan lebih banyak energi.

Mari kita lihat strategi proaktif untuk mencapai potensi Anda.

FISIK. Pilihan gaya hidup yang dapat menjaga atau meningkatkan kesehatan dan kemampuan fungsional termasuk melakukan aktivitas fisik, makan makanan bergizi, cukup tidur, mengelola stres, membatasi alkohol, menghindari nikotin, melakukan pemeriksaan, dan mengikuti rekomendasi medis. 

EMOSIONAL. Meningkatkan kesehatan emosional kita memungkinkan kita menjadi lebih tangguh, puas, dan percaya diri. Kita mengembangkan diri kita secara emosional melalui meditasi dan perhatian , kesadaran dan regulasi emosional, manajemen stres, welas asih, humor, dan rasa syukur. 

INTELEKTUAL. Kami memperluas kapasitas kami dengan mengikuti kelas, membaca buku, belajar memainkan alat musik, atau memecahkan teka-teki silang. Terus merangsang diri sendiri secara intelektual dapat meningkatkan pola pikir berkembang, mendorong keingintahuan dan kreativitas, dan dapat memperlambat penurunan kognitif dan kehilangan ingatan seiring bertambahnya usia. 

SOSIAL. Hubungan dengan pasangan intim, anggota keluarga, teman, dan kolega memenuhi kebutuhan akan koneksi dan kepemilikan. Mengembangkan keterampilan sosial — seperti menegaskan diri sendiri, memberikan dukungan dan kasih sayang, meminta maaf, menyelesaikan konflik, dan mendengarkan dengan saksama — dapat meningkatkan kemampuan kita untuk terhubung secara otentik dan memperkuat ikatan sosial.

ROHANI. Hidup dengan makna dan tujuan hidup, dipandu oleh nilai-nilai pribadi, adalah kunci kesejahteraan dan koneksi ke dunia yang lebih luas . Kegiatan berbasis keyakinan, meditasi pribadi, latihan kesadaran (contohnya termasuk yoga dan tai chi), dan mengalami alam dapat menciptakan kesempatan untuk pertumbuhan spiritual.   

LINGKUNGAN.   Ini melibatkan pemahaman bagaimana kita memengaruhi dan dipengaruhi oleh alam. Luangkan waktu untuk menikmati dan menghargai alam bebas, berusaha merapikan dan menyederhanakan hidup Anda.

KEUANGAN. Melacak pengeluaran, membuat anggaran , hidup sesuai kemampuan, menghilangkan hutang, menjadi mandiri dan mandiri secara finansial, dan menabung untuk masa pensiun meningkatkan literasi dan kesejahteraan finansial. 

KERJA. Ini melibatkan persiapan dan partisipasi dalam pekerjaan yang memberikan kepuasan pribadi dan pengayaan hidup yang konsisten dengan nilai, tujuan, dan gaya hidup Anda. Penting untuk menyumbangkan bakat, keterampilan, dan bakat unik Anda ke pekerjaan yang bermakna dan bermanfaat secara pribadi. 

Berinvestasi dalam kesehatan dan kebugaran Anda dapat dimulai pada usia berapa pun dan merupakan proses seumur hidup

Similar Posts