Wamena – Bandara Wamena di Papua kini semakin keren dan nyaman. Bandara baru ini menjadi pintu gerbang untuk liburan seru di Wamena, misalnya menyaksikan Festival Lembah Baliem.

Kondisi bandara di Wamena yang jauh dari kata layak kini sudah tinggal kenangan. Wamena punya bandara baru dengan desain bangunan Rumah Honai khas Papua, yang tentunya lebih keren dan nyaman. Semangat liburan di Wamena pun makin berkobar karena bakalan disambut dengan bandara yang oke punya.

Banyak sekali daerah yang bisa dijangkau dari bandara tersebut untuk liburan. Kalau berkendara sekitar 1 jam dari bandara, traveler bisa menginjakkan kaki di tempat yang setiap tahunnya menjadi lokasi acara favorit turis lokal dan mancanegara, yaitu Festival Lembah Baliem.

Festival Lembah Baliem merupakan salah satu festival budaya tertua di Indonesia. Biasanya, festival dilaksanakan setiap bulan Agustus selama tiga hari. Festival ini menampilkan atraksi perang-perangan antar suku seperti Suku Dani, Lani dan Yali, sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan.

Atraksi perang-perangan diperagakan para pria. Mereka akan membawa senjata tombak dan mengenakan pakaian khas serta aksesori lengkap, mulai dari koteka, kalung dari kerang hingga mahkota bulu burung. Sementara para pria beratraksi perang, wanita di sana yang mengenakan pakaian tradisional akan menari untuk menyemangati.


Salah satu prosesi adat di Festival Lembah Baliem (Sastri/detikTravel)

Selain itu, Festival Lembah Baliem juga makin seru dengan Pesta Babi yang dimasak di bawah tanah. Ada pula kerajinan tangan dari warga lokal yang dipamerkan dan dijual. Turis yang tertarik bisa langsung membelinya.

Selama di Lembah Baliem, traveler pun bisa melihat langsung Bakar Batu. Ini merupakan cara memasak khas masyarakat Lembah Baliem, di mana batu-batu dipanaskan dengan api kemudian bahan makanan seperti babi dan hasil ladang dipanggang di atasnya.

Pastinya, menyaksikan segala kemeriahan Festival Lembah Baliem bakalan menjadi pengalaman liburan tak terlupakan. Kalau tertarik, segeralah rencanakan liburan Anda ke Lembah Baliem dan pesan tiket pesawat serta hotel agar tidak kehabisan.


(Sastri/detikTravel)